Kamis, 13 Juni 2013

Prinsip Prinsip Desain Website | Web Design

Prinsip Prinsip Desain Website | dalam membangung sebuah website tidaklah mudah, kita harus merencanakan dengan matang-matang. nah pada kesempatan kali ini saya akan share pada kalian semuanya tentang Penisip Dasar Pembuatan Desain Website

Fokus pada kebutuhan. 
Pada saat membuat halaman Web, yang pertama kali harus ditanyakan adalah “untuk apa saya menampilkan halaman Web ini?” Apakah untuk memperkenalkan diri pribadi, memperkenalkan perusahaan saya, produkproduk yang akan saya jual, menunjukkan alamat kantor-rumah, menawari software-software yang dapat di-download, ataukah yang lain.  Putuskan dari awal, halaman Web yang dibikin ini untuk keperluan apa.

Efisien dalam menggunakan sumber daya
Seringkali dalam mendesain halaman Web, seseorang menjadi sangat tergoda untuk memasukkan semuanya. Ya! Semuanya! Harap diingat bahwa akses Internet --utamanya di negara kita— umumnya menggunakan jalur yang lambat, sehingga untuk mengakses sebuah halaman Web diperlukan waktu yang cukup lama. Janganlah faktor hambatan ini ditambah lagi dengan menimbun semuanya, apakah itu berupa file gambar berukuran besar, file suara wav, dan lain sebagainya, di dalam satu halaman.

Sebuah halaman Web yang baik, mesti efisien dalam menggunakan sumber daya dan menampilkan yang perlu-perlu saja. Adalah hal yang baik untuk memberikan suasana yang berbeda dan mengesankan, yang hendaknya dilakukan dengan seefisien mungkin.

Sebagus-bagusnya sebuah halaman, tidak akan pernah dilihat oleh orang lain, bila halaman tersebut terlampau besar dan karena terlalu besarnya, menjadi sangat lama untuk menunggu penampilannya, lalu user akan bosan menanti dan beralih ke situs lain.

Halaman besar bukan berarti bahwa ukuran file page halaman itu yang besar, namun perhatikan juga link-link yang berada di dalamnya.

Ada beberapa isu di sini, yaitu waktu akses, information overload (too much information) dan multimedia overkill. Untuk menghindari multimedia overkill, bila halaman-halaman Web Anda memakai image yang sama berulang-ulang pastikan untuk memakai satu file saja. Karena dengan hanya merujuk pada satu file yang sama, user tidak perlu mendownload berulang-ulang juga.

Mendukung navigasi
Di belantara samudra Internet, seseorang peselancar Web (Web surfer) gampang sekali tersesat.
Oleh karena itu sediakanlah jalan yang mudah bagi pengunjung Web Anda untuk dapat menelusuri satu demi satu semua halaman Web yang hendak Anda sajikan, melalui link-link yang dapat diakses dengan mudah pula. Jangan sampai, seseorang tidak jadi mengakses sebuah halaman padahal ia sangat ingin untuk itu, hanya karena ia tidak dapat menemukan halaman itu!! Sangat tragis dan ironis bukan?
Dari sini, struktur pohon (tree) halaman-halaman Web menjadi penting.

Buatlah halaman Web senyaman dan seramah mungkin
Bila kita berkunjung ke rumah orang lain, maka yang kita harapkan adalah kenyamanan dan keramahan. Seorang tuan rumah yang baik, akan merancang ruang-ruang rumahnya –terutama ruang tamu—senyaman dan seramah mungkin, agar pengunjung atau tamu merasa nyaman dan keramahan dari pemilik rumah.
Keindahan artistik, tatawarna merupakan bagian dari desain ini, yang mencerminkan pula citarasa seni dari pemilik rumah. Di halaman Web, teks-teks merupakan bagian dari ucapan-ucapan tulisan desainer Web. Buatlah halaman selamat datang seramah mungkin, agar pengunjung situs Anda tersebut tertarik untuk melihat-lihat lebih jauh, jangan malah mengusirnya.    

Mendukung interaksi, bila diperlukan
Seringkali dibutuhkan suatu interaksi dari pengguna untuk keperluan tertentu. Contoh yang sederhana adalah buku tamu (guest book). Dengan buku tamu, seorang pengunjung dapat menuliskan kesan-pesan saat berkunjung ke Web Anda. Lalu dari catatan para pengunjung, barangkali Anda dapat melakukan perbaikan-perbaikan.

Nah itulah Prinsip Prinsip Desain Website semoga postingan saya kali ini bermanfaat untuk kita semuanya.

2 komentar

Trims kawan informasinya
and salam kenal kembali :D

oke kawan,.. salam kenal kembali juga,....

Berkomentar dengan Baik

Dilarang Keras SPAM Disini
EmoticonEmoticon