Kamis, 13 Juni 2013

Mambo Open Source Web Design

Mambo Open Source Web Design | Mambo Open Source (MOS) atau sering disebut Mambo adalah sebuah Content Management System (CMS) yang dibuat menggunakan bahasa PHP (PHP Hypertext Processor). Mambo Open Source merupakan CMS yang terbaik saat ini dan telah memenangkan Linux User & Development Award 2004 untuk “Best Linux or Open Source Software.

Perkembangan terakhir tentang Mambo, ada sedikit “konflik” antara develop (pengembang) dengan founder (pembuat program). Pihak founder berkeinginan untuk membentuk sebuah perusahaan bernam Mambo Foundation, namun para pengembang tidak setuju karena mereka beralasan bahwa jika Mambo sudah ditangani oleh sebuah perusahaan secara otomatis Mambo akan menjadi sebuah software yang komersial. Padalah tujuan awal dibuatnya Mambo adalah free (gratis) untuk semua orang dan siapapun boleh menggunakan, menduplikasi, atau bahkan memoddifikasi.

Kondisi seperti ini memicu para develop yang memiliki tanggung jawab dan hati nurani kepada user membuat mereka hengkang dari kepengurusan Mambo. Yang pada akhirnya para develop yang tidak setuju tersebut bergabung dan menciptakan sebuah  software “tandingan” Mambo. Maka terciptalah sebuah sofware yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama persis bernama Joomla.

Hampir seluruh modul maupun komponen untuk Mambo dapat pula digunakan pula pada Joomla. Buku ini pun sengaja ditujukan untuk mereka yang ingin membuat web secara instan (siap pakai) menggunakan Mambo Open Source. Jadi, entah Anda menggunakan Mambo ataupun Joomla, tidak menjadi masalah karena seluruh tool  memiliki fungsi yang sama.

Meskipun program ini menggunakan bahasa php, bukan berarti harus paham seluruhnya tentang kode php.  Bagi mereka tidak memahami kode HTML, Javascript, ASP, CGI, , maupun php tidak perlu takut untuk mempelajarinya karena meskipun tidak tahu tentang kode-kode tersebut, orang bisa membuat sebuah web secara cepat dengan beberapa fitur yang sangat kompleks 
Mambo dapat digunakan untuk membuat situs: 

  1. Portal 
  2. Komersial 
  3. Non-profit 
  4. Pribadi

Aplikasi yang beragam dapat dibuat menggunakan Mambo karena memiliki beberapa kemampuan, diantaranya: 
  1. Dapat melakukan update halaman utama, halaman berita, halaman artikel, maupun halaman arsip secara cepat.  
  2. Dapat melihat file Microsoft Word, Excel, dan PDF. 
  3. Dapat menambahkan menu baru pada main menu, other menu, maupun top menu dengan mudah 
  4. Dapat mengatur weblink dengan cepat dan mudah. 
  5. Dapat mengatur banner (iklan). 
  6. Dapat mengatur FAQ (Frequently Asked Questions). 
  7. Dapat mengatur Newsflashes 
  8. Membuat arsip dan menampilkannya kembali 
  9. Dapat mencetak, mengirim artikel lewat email, dan membaca artikel dengan format PDF. 
  10. Dapat mengatur user dengan tingkat akses level yang berbeda. 
  11. Dapat menambah komponen, modul, dan template dari pihak ketiga (seperti: forum, calendar, reminder, agenda, guestbook (buku tamu), shopping cart, dan sebagainya).

Nah cukup sekian dulu postingan saya kali ini tentang Mambo Open Source Web Design dan semoga bermanfaat bagi agan-agan semuanya.

This Is The Oldest Page

Berkomentar dengan Baik

Dilarang Keras SPAM Disini
EmoticonEmoticon